Tahapan Dalam Melakukan Survey dan Pemetaan

Tahapan Dalam Melakukan Survey dan Pemetaan – Untuk melakukan survey dan pemetaan kita harus melakukan perencanaan yang matang. Survey dapat digolongkan menjadi dua kategori yaitu survey fisik lahan dan survey kondisi sosial masyarakat.

Pada survey fisik lahan, surveyor dituntut untuk mengumpulkan informasi karakteritik fisik lahan tertentu dimana informasinya diperoleh melalui observasi lapangan, pengambilan sampel fisik, ataupun pengukuran di lapangan. Untuk jenis pengukurannya sendiri bervariasi, ada pengukuran lereng, ketinggian, kerapatan, suhu, dll. Semuanya bergantung pada fokus dan tujuan survey itu sendiri. Berbeda dengan survey fisik, survey sosial biasanya dilakukan dengan melakukan interview beberapa atau seluruh masyarakat tertentu yang termasuk dalam kriteria kajian. Keduanya memiliki kesamaan yaitu dilengkapi dengan form kuisioner survei. Jika survey fisik biasanya diisi oleh surveyor, jika survey sosial biasanya diisi oleh surveyor atau boleh diisi langsung pihak narasumber.

Tahapan dalam melakukan survey pemetaan harus dicermati baik – baik. Pasalnya pada setiap survey yang berkaitan dengan pemetaan terdiri dari 3 tahap dasar yaitu pra survey, field survey, dan pasca survey. Mari kita jabarkan satu per satu.

  1. Pra survey

Pada tahap ini dilakukan perencanaan sebelum survey. Perencanaan meliputi penentuan metode untuk mencapai hasil, penentuan sampel (metode sampling, jumlah dan sebaran sample), penentuan metode pengambilan data, persiapan alat survey dan personil, hingga estimasi waktu dan pembiayaan. Tahap ini harus diteliti prosesnya karena kesalahan dalam persiapan akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran saat survey dilakukan.

Dalam proses pemetaan, pre processing cukup memiliki andil yang besar. Beberapa survey membutuhkan data sekunder untuk acuan saat pengambilan data primer berlangsung. Misalnya dalam arahan penggunaan lahan, penentuan faktor fisik hingga pengolahan data medan harus dilakukan sebelum terjun ke lapangan. Hal ini diharapkan agar saat pengambilan data di lapangan optimal yakni seluruh data yang tidak dapat diperoleh melalui data sekunder maka akan diambil saat survey lapangan. Sehingga bisa terjadi kemungkinan saat survey lebih dari satu jenis data yang akan diambil.

Kasus lainnya pada perencanaan survey sosial, biasanya tahap pra lapangan menghasilkan target sampel dan sebaran hingga rute yang akan dilalui nantinya. Proses perencanaan ini penting karena jika semuanya berjalan lancar, maka perhitungan cost pun akan semakin akurat.

  1. Survey lapangan

Pada tahap ini sudah termasuk dalam proses pengambilan data. Surveyor yang bekerja di lapangan akan mengikuti prosedur untuk melakukan pengmbilan data berdasarkan titik – titik sampel yang telah di tentukan. Survey lapangan bertujuan untuk memperoleh data primer yang merupakan data utama dalam suatu informasi yang akan di petakan atau diproses ataupun data untuk melakukan uji akurasi atau validasi hasil pemrosesan pada tahap pra survey.

Survey sendiri merupakan tahap dimana cost yang dikeluarkan paling besar, oleh karena itu pada tahap ini surveyor harus bisa berjalan sesuai target untuk mengejar waktu dan data yang dibutuhkan.

  1. Pasca survey

Tahapan terakhir ini merupakan pengolahan data hasil survey dan finishing. Tahapan ini bisa menjadi tahapan tersulit jika data survey dan pra survey memiliki anomaly sehingga kesimpulan akan sulit di putuskan. Namun sebaliknya, jika semuanya sesuai dengan perencanaan bahkan hasil survey lapangan juga menunjukkan hasil yang baik, biasanya akan terlewati dengan mudah. Hanya saja proses pada tahap pasca survey biasanya lebih lama karena finishing dan evaluasi diperlukan pada tahap ini.

Untuk menghasilkan peta yang baik, maka setiap prosesnya juga harus dikerjakan dengan saksama dan teliti. Perlu jam terbang yang banyak untuk menghasilkan tangan – tangan profesional. Karena itulah banyak pihak yang llebih memilih untuk menggunkan jasa survey dibandingkan melakukannya sendiri.

Bagi yang memiliki masalah pemetaan dan survey, langsung saja hubungi kami untuk mendapatkan solusinya. Tim survey dan pemetaan TechnoGIS Indonesia akan melayani dengan sepenuh hati.

Baca juga :

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *