Perbedaan Survey Terestris dan Pemetaan Tematik

Perbedaan Survey Terestris dan Pemetaan Tematik – Dalam ilmu kebumian pasti akan ada istilah survey, pemetaan, pengukuran saat kita mempelajari nya. Hal-hal tersebut akan sangat berkaitan satu dengan yang lain, namun dalam dunia kerja beberapa hal tersebut memiliki arti yang berbeda  apalagi ketika sudah sangat teknis.

Mulai dari pengukuran terlebih dahulu, pengukuran yang dimaksud dalam bidang geografi adalah pengukuran posisi secara absolut. Dengan diketahui posisi suatu objek atau titik lokasi maka dapat pula diturunkan hingga informasi jarak ataupun luas baik horizontal ataupun vertikal terhadap objek lainnya. Selain itu, pengukuran yang dilakukan juga dapat berupa pengukuran intensitas objek, kerapatan, kapadatan, dan lain sebagainya bergantung dengan tema kajian yang diangkat. Pengukuran pada dasarnya menentukan nilai kuantitatif suatu fenomena atau objek tertentu untuk dilakukan analisis lebih lanjut.

Beralih ke survey, penggunaan kata survey juga berkaitan terhadap pengukuran. Survey merupakan teknik riset untuk mengumpulkan data. Lantas apa bedanya dengan pengukuran? Jika pengukuran menentukan nilai dari suatu fenomena atau objek, sedangkan survey adalah kegiatan yang menaungi pengukuran khusus yang dilakukan dengan cara berinteraksi atau observasi langsung dengan objek. Jadi survei biasanya dilakukan untuk mengumpulkan data primer. Pelaksanaan survey juga perlu persiapan yang cukup rinci mengingat data primer jauh lebih sulit diperoleh dan membutuhkan alat survey yang disesuaikan dengan temanya. Ada yang menggunakan alat ukur tanah ataupun alat ukur berupa kuisioner. Semua bergantung pada informasi apa yang ingin diperoleh.

Hasil survey dan pengukuran tersebut yang nantinya akan diolah dan dijadikan peta untuk mempermudah pembaacaan atau analisis lanjutan dilakukan. Proses ini disebut dengan pemetaan. Pemetaan memang tidak mudah dilakukan mengingat banyak kaidah yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan informasi terepresentasi dengan baik dan informatif. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk dipelajari karena pada dasarnya jika memiliki ttekad kuat dan tekun akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Bagi yang ingin melakukan pemetaan namun kapabitas untuk melakukannya masih kurng mampu, bisa gunakan jasa pemetaan untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut. Tidak lupa pula kami juga menyediakan jasa survey untuk membantu memberikan solusi pemetaan Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *