Penggunaan Drone untuk PTSL

Penggunaan Drone untuk PTSLPada akhir tahun 2022, Pemerintah (Menteri Agraria dan Tata ruang dengan Kepala Badan Pertanahan Nasional) berencana akan menggunakan sistem pemetaan drone untuk proses PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Hal ini menjadi satu langkah maju yang cukup bagus, sebab sebelumnya untuk PTSL sendiri dilakukan secara manual.

Tentu saja ada beberapa alasan kenapa akhirnya Pemerintah memutuskan menggunakan drone untuk PTSL 2023. Mari kita bahas bersama di ulasan berikut ini.

 

PTSL Adalah

Program PTSL adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Merupakan program pendaftaran tanah untuk masyarakat yang dilakukan secara serentak. Tujuan dari program ini adalah membantu masyarakat melindungi tanah yang dimiliki secara hukum sehingga meminimalkan terjadinya sengketa tanah. Selain itu tujuan PTSL adalah membantu pemerintah dalam melakukan penataan kota.

Baca : Pemanfaatan Drone untuk PTSL 2023

Pelatihan gis

Pelatihan GIS | Technogis Indonesia

 

Penggunaan Drone untuk PTSL

Salah satu alasan kenapa akhirnya pemerintah memanfaatkan drone untuk PTSL di tahun 2023 ini adalah agar mempercepat proses pemetaan tanah dan membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada proses manual.

Menggunakan drone untuk perekaman bidang tanah dari udara untuk kemudian dilakukan pengukuran, maka akan terlihat dengan jelas siapa pemilik tanah, batas tanah yang dimiliki juga luas tanah tersebut.

Proses PTSL menggunakan drone ini akan dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya adalah

  1. Perekaman bidang tanah
  2. Pengukuran
  3. Pengumpulan data yuridis
  4. Pengesahan
  5. Penerbitan sertifikat

Alasan selanjutnya dari PTSL yang menggunakan drone ini adalah agar PTSL memiliki peta dasar yang terpusat dan terintegrasi.

Drone yang memiliki tingkat akurasi tinggi tentunya akan membantu PTSL menjadi lebih akurat karena meminimalkan kesalahan pengukuran juga lebih tersistem. Berbeda dengan PTSL manual yang banyak terjadi kesalahan dalam pengukuran tanah.

Baca : Pengertian Tentang Peta dan Pemanfaatannya Serta Penggunaan Peta

Penggunaan drone yang memiliki tingkat akurasi tinggi ini juga sangat membantu mengetahui kondisi lahan, vegetasi dan juga keadaan tanah dengan cukup baik. Yang akhirnya informasi-informasi ini akan membantu pemerintah dalam pengelolaan dan pengembangan lahan terutama untuk masalah tata kota.

 

Rekomendasi Drone dengan Akurasi Tinggi

Sedang mencari drone untuk kegiatan pemetaan? Bisa menggunakan Nivo VTOL V2. Drone untuk pemetaan yang ada di store Techno GIS. Drone khusus pemetaan untuk segala bidang dengan teknologi VTOL, yang mudah dioperasikan. Dengan daya jelajah 70-100 km dan penggunaan baterai 13.000 mah untuk sekali terbang.

Anda bisa mendapatkan NIVO VTOL V2 ini di store technogis. Informasi pemesanan dan konsultasi bisa langsung hubungi tim Technogis.

Kontak Technogis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments