Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Drone Fixed Wings

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Drone Fixed Wings

Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Drone Fixed WingsBagi penggemar teknologi drone, Anda pasti pernah melihat drone fixed wings. Drone ini benar – benar mirip pesawat terbang dengan sayap yang membentang besar. Apa yang menarik dari drone jenis ini dibanding yang menggunakan rotor? Jika ingin mengenal lebih jauh tipe drone bersayap kaku ini, mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

Baca : Tips Pemilihan Drone Untuk Pemetaan, Membantu Proses Survey Lebih Efisien

 

Drone Fixed Wings

Sebelum membahas lebih dalam tentang kelebihan dan kelemahan drone tipe ini, tidak ada salahnya bahas dulu apa sebenarnya drone ini. Secara umum, drone ini memiliki sayap layaknya pesawat layang dibandingkan baling – baling seperti drone pada umumnya.

Drone ini didesain untuk terbang dengan memanfaatkan gaya angkat udara saat menempuh jarak jauh. Karena desain ini, drone dengan sayap ini lebih sering digunakan untuk pemantauan dan pengambilan gambar jarak jauh.

 

Kelebihan Fixed Wings

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengambil beberapa poin kelebihannya. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa penjelasan tentang kelebihan drone ini:

1. Dapat Terbang Menempuh Jarak Jauh

Kelebihan pertama yang paling jelas terlihat adalah jarak tempuh drone ini. Karena menggunakan daya angkat udara, motor pada drone ini tidak perlu bekerja keras untuk menjaganya tetap terbang. Tercatat model drone ini dapat mengelilingi area dengan jarak beberapa kilometer walaupun hanya menggunakan motor kecil.

Jika menggunakan drone tipe bersayap ini dengan ukuran besar, drone bahkan dapat dikirim untuk menjelajah ukuran hutan luas. Untuk kebutuhan pemantauan area luas dan eksplorasi, tidak ada yang mengalahkan kemampuan terbang drone jenis ini.

2. Mampu Menjaga Ketinggian Lebih Lama

Kelebihan lainnya adalah kemampuan lama terbang. Drone ini dapat didesain untuk menjaga ketinggian terbang sampai berjam – jam. Dalam beberapa penggunaan eksplorasi, drone jenis ini bahkan tercatat dapat terbang selama 16 jam tanpa berhenti.

3. Dapat Terbang Menarget Ketinggian Ekstrem

Kemampuan drone fixed wings juga menonjol untuk terbang di ketinggian tertentu. Drone ini tercatat mampu terbang di ketinggian yang sama dengan pesawat layang. Jika dibandingkan dengan drone model lainnya, pencapaian ini adalah yang paling tinggi.

 

Kelemahan Drone Tipe Fixed Wings

Walaupun memiliki banyak kelebihan, drone ini juga punya sisi negatif. Berikut adalah kelemahan drone ini jika dibanding tipe drone lainnya:

1. Harga yang Jauh Lebih Mahal

Kelemahan pertama adalah soal harga. Desain dan pembuatan drone jenis ini dapat menyamai miniatur pesawat layang. Karena faktor ini, drone perlu di desain khusus dan melewati banyak test sebelum dijual ke pasaran. Biaya untuk desain dan testing pasti tinggi. Hasilnya, harga jual drone ini menjadi mahal.

2. Perlu Pelatihan Khusus Untuk Mengendalikannya

Dibandingkan mengendalikan drone berbaling yang populer saat ini, drone dengan sayap kaku ini lebih sulit dikendalikan. Anda tidak dapat hover layaknya helikopter, tapi mengikuti pergerakan pesawat layang. Perhitungan gerakan angin dan maneuver di udara tidak bisa sembarangan. Karena faktor ini, Anda harus lebih dulu latihan mengendalikannya jika ingin aman pakai dron bersayap ini.

Layanan terkait : Pelatihan Drone Pemetaan

 

Contoh Drone Fixed Wings

Drone Fixed Wings

Salah satu contoh drone fixed wings terbaik saat ini adalah Nivo Vtol V2 yang bisa Anda dapatkan di Techno GIS. Memiliki kelebihan dengan ketahanan terbangnya yang bisa memiliki cakupan luas untuk kebutuhan pemetaan.

Spesifikasi Nivo VTOL V2 ini bisa Anda pahami secara detail di halaman Pesawat UAV NIVO Long Range V2 For Mapping . Penggunaan Nivo cocok digunakan untuk kebutuhan pemetaan lahan, perhitungan pohon, analisis aliran air, analisa ketinggian dan rekonstruksi 3D.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda dapat melihat bahwa drone jenis ini hanya digunakan untuk kebutuhan khusus. Dibandingkan drone dengan model rotor seperti pada umumnya, drone tipe ini perlu pengendalian yang lebih teknis.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda yang ingin memiliki drone jenis ini harus mengurungkan niat beli. Selama belajar dulu cara pengendalian dan memastikan penggunaannya aman, Anda pasti juga bisa pakai drone fixed wings secara lancar!

Ingin membeli drone fixed wings untuk banyak kebutuhan? Bisa langsung menghubungi jasa pemetaan Techno GIS yang menyediakan drone fix wings beserta pelatihan gis. Informasi harga dan layanan bisa langsung menghubungi Kontak Techno GIS.

Kontak Technogis

Kontak Technogis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments