Pengenalan Software Opensource QGIS (Quantum GIS)

Pengenalan Software Opensource QGIS (Quantum GIS)

Pengenalan Software Opensource QGIS (Quantum GIS)Teknologi sekarang ini digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Tidak hanya di kehidupan sehari-hari saja, penggunaan teknologi juga sudah masuk dalam bidang geospasial. Salah satunya dengan penggunaan QGIS atau quantum GIS yang membantu penyimpanan informasi bidang geospasial.

Quantum gis adalah salah satu software yang cukup populer digunakan untuk seseorang yang masuk di bidang geospasial. Hal ini karena QGIS adalah software pengolah data spasial yang bisa digunakan secara gratis dan juga cukup fleksibel untuk berbagai sistem operasi.

Mari kita pelajari QGIS bersama dari definisi sampai dengan penggunaannya.

 

Pengenalan Software Opensource QGIS (Quantum GIS)

Qgis atau banyak dikenal dengan quantum gis adalah software yang digunakan untuk mengolah data spasial yang bersifat open sources. Awalnya software GIS ini dikembangkan oleh seorang programer GIS yaitu Gary Sherman pada tahun 2002. Untuk selanjutnya software GIS ini terus dikembangkan hingga di tahun 2007 QGIS menjadi proyek inkubator OSGeo foundation

Quantum GIS | Sumber : Wikipedia

Quantum GIS | Sumber : Wikipedia

Sekarang ini Anda bisa menggunakan software QGIS dengan mudah tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis.

Penggunaan QGIS ini juga cukup fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi baik itu Linux, Unix, Mac OS ataupun Windows dan Android. Pun QGIS juga sudah mendukung untuk pengolahan data seperti vektor, raster dan database pun.

 

Baca Artikel Tentang : Perbedaan Batimetri dan Sub Bottom Profilling

 

Perjalanan Quantum GIS

Seperti yang kita tuliskan di atas qgis atau quantum gis sudah ada sejak tahun 2002 dan terus berkembang hingga saat ini. Perjalanan quatum gis adalah sebagai berikut ini.

 Quantum Gis

Sejarah Quantum Gis

 

Fitur yang Dimiliki Quantum GIS Adalah

Berikut adalah beberapa jenis fitur yang ada dalam quantum gis. Diantaranya adalah

  1. Analisis data spasial
  2. membuat, merubah dan meng-eksport data spasial
  3. Pengolahan data spasial
  4. Publikasi peta menggunakan internet menggunakan web map
  5. Menampilkan data vektor dan raster dalam berbagai format
  6. Menampilkan data vektor dan raster dalam berbagai proyeksi

Dengan beberapa fitur dasar seperti diatas quantum gis ini dapat membantu Anda lebih mudah dalam pengelolaan data spasial. Anda juga dapat lebih leluasa mengelola data gis menggunakan plugin yang ada dalam quantum gis.

 

WebGIS

Lebih Dekat Dengan WebGIS

 

Kelebihan Quantum GIS

Berikut adalah beberapa kelebihan quantum gis yang bisa dipahami :

  1. Dapat digunakan secara gratis yang bisa Anda download
  2. Karena bersifat open sources maka quantum gis ini dapat dikembangkan
  3. Ada banyak literatur yang mendukung penggunaan quatum gis di internet maupun literatur lainya sehingga pengguna bisa mempelajarinya dengan mudah
  4. Dapat digunakan untuk berbagai jenis sistem operasi

Selain dengan kelebihan-kelebihannya di atas, quantum gis juga memiliki beberapa produk yang bisa digunakan untuk penggunanya.

Adanya beberapa produk quantum gis ini digunakan untuk mendukung pekerjaan pengolahan data spasial menjadi lebih mudah. Diantaranya adalah

  1. Qgis browser
  2. Qgis dekstop
  3. Qgis server
  4. Qgis android
  5. Qgis web client

Masing-masing dari produk qgis di atas memiliki fungsinya masing-masing. Dimana qgis server digunakan untuk menyimpan data gis dan publikasi secara online menggunakan internet. Qgis dekstop digunakan untuk menampilkan data spasial yang digunakan untuk pembuatan layout peta dan lain sebagainya.

 

Baca : Lidar

Belajar QGIS Di Techno GIS Indonesia

Tertarik untuk belajar qgis untuk berbagai kebutuhan akademik dan profesional? Bisa mengikuti pelatihan QGIS di Techno GIS Indonesia.

Tehno GIS hadir untuk membantu Anda mempelajari ilmu geospasial dengan mudah. Ada paket pelatihan yang membantu Anda mendapatkan semua fasilitas dengan komplit.

Cek selengkapnya di pelatihan gis di Techno GIS Indonesia.

4 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments