5 Tips Cara Merawat Drone Bagi Pemula

5 Tips Cara Merawat Drone Bagi Pemula

5 Tips Cara Merawat Drone Bagi PemulaKebutuhan maintenance drone tentu berbeda jika dilakukan pemula. Banyak pemula masih bingung bagaimana cara merawat drone yang benar. Terkadang, ada juga pemula yang takut melakukan maintenance sendiri dan malah merusak drone. Untuk pastikan maintenance lancar dilakukan pemula, gunakan saja tips – tipe berikut ini.

Rekomendasi Layanan : Pelatihan GIS

 

Cara Merawat Drone Bagi Pemula

Berikut adalah cara merawat drone untuk pemula. Ikuti langkah berikut!

1. Gunakan Materi Belajar Maintenance Drone

Jika ingin belajar maintenance drone, pastikan cari material yang tepat untuk hal ini. Para pemula disarankan lihat – lihat video tutorial di YouTube. Proses maintenance akan dijelaskan secara visual dengan akurasi yang cukup bagus.

Belajar menggunakan video YouTube juga dapat dibuat spesifik. Jika Anda punya model drone tertentu, coba cari bahasannya di YouTube, pasti akan muncul bagaimana cara perbaiki atau merawat model drone tersebut.

Materi belajar maintenance lain juga dapat dilihat melalui artikel. Banyak artikel di internet, terutama yang berbahasa Inggris, dapat membantu para pemula merawat dronenya. Paduan gambar dan step by step jelas mempermudah pemula untuk melakukan perawatan drone sendiri.

Rekomendasi Pelatihan : Pelatihan Drone Lidar

2. Beli Peralatan yang Pas Untuk Perawatan Drone

Merawat drone tidak dapat dilakukan tanpa alat yang pas. Walaupun masih pemula, pastikan beli alat – alat khusus untuk merawat drone. Umumnya alat yang paling penting antara lain adalah kain microfiber, kain anti-static, kuas pembersih, obeng, tang dan gelang anti statis.

Pastikan juga beli duster electric, penyemprot udara dan vacuum cleaner kecil. Semua ini dapat membantu Anda membersihkan di bagian yang sulit dan membantu menyingkirkan kotoran di area yang rawan sentuhan.

Untuk guide peralatan lain yang lebih advance, para pemula dapat mencari rekomendasi dari banyak sumber lain. Artikel dan video YouTube, banyak yang bahas seputar maintenance drone dan peralatan yang direkomendasi.

3. Fokus Perawatan Pada Hal – Hal yang Simpel Terlebih Dahulu

Bagi para pemula, lakukan cara merawat drone yang simpel terlebih dahulu sambil memahami dan terbiasa bongkar pasang drone. Perawatan simpel ini contohnya bersihkan debu, tanah dan kotoran menumpuk pada parts drone.

Pembersihan yang sederhana ini hanya melibatkan kain anti-static, kuas pembersih, cotton bud dan cairan alkohol pembersih. Menggunakan semua ini, para pemula sudah dapat membersihkan bagian drone yang paling rawan.

Tentu saja bagi yang berani, pembersihan juga dapat melibatkan membongkar motor dan memberikan pelumas pada beberapa partnya. Namun, bagi yang masih takut merusak drone, proses bersih – bersih ringan saja sudah cukup.

4. Gunakan Buku Panduan Drone Sebagai Panduan Bongkar Pasangnya

Setiap drone umumnya memiliki layout dan bentuk berbeda. Karena itu, pastikan para pemula tidak membuang buku panduan drone tersebut. Di dalamnya akan memiliki skema dan parts drone yang penting untuk diperhatikan.

Contoh saja jaringan motor dan koneksi ke battery. Hal ini dapat dilihat pada buku panduan agar tidak salah saat bongkar drone. Pastikan jaringan koneksi tersebut tidak tergangu dan dikembalikan seperti semula setelah proses maintenance dilakukan.

Baca : Penggunaan Drone untuk PTSL

5. Bila Kesulitan Gunakan Jasa Service Drone

Jika menemukan masalah pada drone yang sulit diselesaikan, tidak ada salahnya menyerahkan masalah ini pada yang lebih profesional. Contoh saja saat menemukan rangka atau casis drone yang retak. Cara perbaiki hal ini dapat melibatkan alat khusus dan cara yang rumit. Jadi, daripada melakukan sendiri dan salah, lebih baik serahkan pada jasa service profesional.

Bagaimana? Ternyata tidak sulit bukan belajar maintenance drone? Para pemula yang belajar cara merawat drone dengan tips di atas pasti lebih terbantu. Tidak perlu selalu menggunakan jasa service drone yang mahal lagi. Sekarang perawatan rutin dapat dilakukan sendiri!

kontak technogis indoneisa

Kontak Technogis Indoneisa

 

Belajar Drone Untuk Pemetaan Dari Techno GIS

Ingin belajar penggunaan drone dan perawatannya? Bisa belajar bersama tim Techno GIS Indonesia. Tim kami bisa membantu Anda mempelajari drone untuk kebutuhan pemetaan secara basic sampai dengan pembuatan data peta bersama mentor yang profesional dan tentunya ahli di bidang ini.

Jika tertarik mempelajari tentang drone untuk pemetaan bisa langsung menghubungi tim Techno GIS di kontak technogis ini.

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments