Mengenal Theodolite untuk Survey dan Pemetaan

Mengenal Theodolite untuk Survey dan Pemetaan

Mengenal Theodolite untuk Survey dan PemetaanKetika surveyor pemetaan  melakukan pekerjaannya, tidak jarang diantara mereka membawa satu alat yang disebut dengan theodolite. Dimana theodolite ini memiliki fungsi sebagai alat ukur ketinggian tanah.

Theodolite untuk survey dan pemetaan, digunakan untuk pengamatan matahari, pemetaan situasi dan pengukuran poligon. Sedangkan dalam bidang konstruksi dan pembangunan, Theodolite digunakan untuk mengukur luas tanah sebelum dilakukannya peletakan pondasi dan kerataan tanah juga untuk mengukur tingkat kemiringan suatu bidang.

Selain itu theodolite memiliki beberapa jenis lho untuk penggunaannya. Di ulasan hari ini kita akan membahas mengenai theodolite dalam proses pemetaan.

 

Theodolite

Theodolite

Theodolite

Theodolite adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi tanah. Penentuan tinggi tanah ini menggunakan sudut horizontal dan sudut vertikal atau yang banyak juga disebut dengan sudut tegak dan sudut mendatar. Kemampuan theodolite untuk mengukur sudut ini bisa sampai dengan hitungan detik (s).

Jika Anda sedang memetakan lokasi yang cukup luas dengan kondisi tanah yang sulit untuk diukur, maka menggunakan theodolite menjadi salah satu cara untuk memudahkan Anda melakukan pengukuran tanah.

Sebab dengan theodolite seluruh kenampakan akan dipetakan dengan cepat. Pun theodolite memiliki ketelitian yang cukup tinggi.

Anda bisa mengenali bagian dan fungsi theodolite melalui gambar berikut ini

fungsi theodolite

Fungsi Theodolite | Sumber : kucari.com

Theodolite ini memiliki dua piringan, dimana teleskop ditempatkan pada piringan tertentu dimana piringan ini dapat diputar mengelilingi sumbu vertikal, kemudian hal ini lah yang membantu sudut horizontal bisa terbaca.

Begitu juga dengan pembacaan sudut vertikal, dimana piringan bisa diputar hingga melalui sumbu horizontal untuk kemudian sudut vertikal bisa terbaca.

 

Jenis-Jenis Theodolite

Seperti yang kita tuliskan di atas, ada beberapa jenis theodolite untuk proses pengukuran tanah. Secara umum, jenis theodolite ini terdiri dari 3 jenis yang banyak digunakan, diantaranya adalah

Macam-macam theodolite

  1. Theodolite repetisi : plat lingkaran horizontal jadi satu dengan plat lingkaran nonius dan tabung sumbu
  2. Theodolite repetisi : alat ukur tanah yang memiliki skala mendatar yang dapat diatur juga mengelilingi sumbu tegak sehingga pembacaan skalanya dapat ditentukan dari sudut mana.
  3. Theodolite elektro optis : alat ukur elektro optis digunakan untuk mengukur tanah yang dilengkapi mikroskop pembaca skala lingkaran dan juga alat ukur yang sudah dilengkapi dengan sistem sensor.
Theodolite Elektro Optis

Theodolite Elektro Optis

Itulah beberapa jenis theodolite dan juga penggunaannya dalam pengukuran tanah. Theodolit masih menjadi alat ukur yang canggih dan banyak digunakan terutama untuk mengukur luas lahan/tanah yang lebar dan juga memiliki relief yang tidak teratur.

Baca Artikel : Apa sih Peran Surveyor dalam Proses Survey Pemetaan?

 

Syarat Theodolite

Ada beberapa syarat kondisi theodolite yang harus dipenuhi sehingga ia bisa digunakan untuk alat pengukuran tanah. Diantaranya adalah

  1. Sumbu pertama harus benar-benar tegak / vertikal
  2. Sumbu kedua harus benar-benar mendatar
  3. Garis bidik harus tegak lurus dengan sumbu kedua
  4.  Pastikan tidak ada salah indeks pada lingkaran kesatu

Sebagai alat ukur, theodolit untuk survey dan pemetaan memang harus diperiksa kondisinya terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan.

 

Sewa Theodolite Jogja

Lagi butuh theodolite untuk belajar pengukuran tanah? Atau ada project pengukuran tanah namun nggak punya theodolite? Sewa saja theodolite sesuai dengan kebutuhan project Anda!

Salah satu layanan yang memberikan sewa alat survey adalah techno GIS Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang GIS selain memberikan pelatihan gis dan jasa pemetaan juga memberikan layanan sewa peralatan survey. Termasuk alat theodolite.

Persewaaan theodolite ini bisa Anda baca di : sewa theodolite jogja

Jika ingin belajar lebih dalam di bidang GIS juga bisa mengambil pelatihan GIS dasar ataupun advance atau juga ada pelatihan pemetaan drone maupun pelatihan webgis.

Atau jika ingin menggunakan jasa survey dari Techno GIS ada  jasa pemetaan drone, jasa pembuatan webgis maupun jasa survey topografi.

Semua layanan terkait GIS ada semua di Techno GIS Indonesia, mau menggunakan jasanya, pelatihannya atau hanya menyewa alatnya bisa di tempat kami!

Sekian ulasan hari ini tentang theodolite untuk survey dan pemetaan, semoga bermanfaat!

3 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments