Penggunaan GPS di Lapangan

Pelatihan SIG Dasar dan Penggunaan GPS – GPS merupakan salah satu alat survei sederhana yang tidak pernah luput digunakan ketika melakukan survei lapangan. GPS dapat merekam data posisi abolut suati lokasi maupun rute saat survei berlangsung. Pada saat ini, GPS menjadi alat yang mudah digunakan mengingat aplikasi GPS sudah banyak tertanam pada perangkat telepon genggam. Namun untuk menemani survei lapangan, sebaiknya digunakan GPS handheld ataupun geodetik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Penggunaan GPS di Lapangan

 

GPS handheld merupakan GPS yang paling banyak digunakan dalam melakukan survei lapangan. Walaupun banyak digunakan, tidak semua orang mengetahui cara pengoperasian alat tersebut. Adapun beberapa fitur yang ada pada GPS untuk memudahkan integrasi dengan komputer ataupun perangkat lunak juga banyak yang belum memahaminnya.

Pada pelatihan periode 24 – 27 Juli 2017, pelatihan GIS Dasar diberkan materi tambahan mengenai GPS. Mulai dari pengenalan alat, perolehan data lapangan, integrasi dengan perangkat lain, bahkan pengolahan data dari perekama GPS juga menjadi materi pokok pelatihan ini. Pada pelatihan ini peserta diharapkan dapa mengoperasikan alat secara makimal sehingga data yang diperoleh memiliki kualitas data yang baik.