Mengenal Apa Saja Manfaat SIG di Bidang Transportasi

Melakukan perencanaan untuk kehidupan sehari-hari merupakan sebuah hal yang tidak mudah untuk dilakukan dan perlu untuk menggunakan beberapa dasar tertentu sehingga dapat memberikan hasil yang lebih tepat, salah satunya yaitu bersama dengan Sistem Informasi Geografis atau lebih dikenal dengan SIG. Ada begitu banyak manfaat SIG di bidang transportasi yang perlu diketahui karena data yang digunakan cukup spesial dan unik sehingga bisa membuat perencanaan dengan lebih mudah dan tepat. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan pula apa saja manfaat yang dimiliki oleh SIG tersebut dalam penerapannya untuk bidang transportasi dengan lebih jelas seperti yang ada di bawah ini.

Manfaat yang dimiliki SIG dalam Bidang Transportasi

Secara singkat, sebenarnya SIG sendiri menjadi sebuah bentuk rangkaian kegiatan yang dilakukan agar nantinya bisa mendapatkan gambaran mengenai situasi dan informasi yang berkaitan dengan ruang yang ada di muka bumi itu sendiri. Oleh karena itu, data yang dihasilkan oleh SIG sendiri juga cukup membantu untuk bisa dimanfaatkan dalam sistem ini dan biasanya merupakan hasil dari penginderaan jauh dengan sensor pengamat dan dianalisis terlebih dahulu. Maka dari itu, ada banyak manfaat SIG di bidang transportasi  yang ada sehingga juga mampu untuk mempengaruhi kehidupan sehari-hari seperti yang ada penjelasannya dengan lebih lanjut pada berikut ini.

Baca: Pemanfaatan SIG untuk Mitigasi Bencana Alam di Indonesia

1. Memberikan Data untuk Penggunaan Lahan

Salah satu dari manfaat SIG di bidang transportasi  yang ada yaitu nantinya akan mendapatkan data berupa informasi mengenai lokasi yang dimiliki untuk tempat tinggal penduduk dan lokasi yang memiliki aktivitas penduduk itu sendiri. Kedua informasi tersebut merupakan bagian yang penting dalam proses perencanaan untuk pembuatan dan pembangunan sarana transportasi dengan lebih efektif sehingga bisa untuk membuatnya menjadi dengan mudah diakses oleh penduduk yang ada. Selain itu, data ini juga mampu untuk memberikan informasi mengenai berapa harga dari lahan yang ada sehingga bisa melakukan perencanaan dengan lebih mudah saat perlu untuk melakukan pengembangan lahan berbagai bidang.

2. Memberikan Data Sosial Ekonomi dan Banyaknya Jumlah Penduduk

Lainnya dari manfaat SIG di bidang transportasi  yang perlu untuk diketahui yaitu bahwa sistem satu ini juga mampu untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan data sosial ekonomi serta banyaknya jumlah penduduk yang ada. Kedua kondisi ini nantinya mampu untuk memberikan gambaran terkait dengan pola dari penggunaan lahan yang ada melalui penginderaan jauh yang mampu menghitung jumlah dari unit bangunan serta tipe dari ukuran bangunan rumah dan penghuni yang ada di dalamnya. Nantinya jumlah dari perkiraan penduduk yang ada tersebut bisa membantu untuk melakukan perencanaan terkait dengan kebutuhan transportasi yang ada sehingga efektif.

3. Membuat Inventarisasi Atas Jaringan Transportasi

Tidak kalah pentingnya dalam pembahasan mengenai manfaat SIG di bidang transportasi yang perlu untuk diketahui yaitu bahwa nantinya sistem ini mampu untuk membantu dalam melakukan inventarisasi atas jaringan transportasi yang dibangun. Terutama berkaitan dengan manajemen serta perencanaan transportasi yang berjalan karena citra dari satelit penginderaan jauh yang digunakan mampu untuk memberikan informasi mengenai spasial jaringan jalan yang lebih lengkap. Selain itu, bahkan citra ini juga mampu untuk memberikan hasil secara lebih detail dan jelas terkait dengan gambaran mengenai kondisi jalan yang ada sehingga jaringan transportasi yang dibangun bisa lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca: Pengertian Citra Satelit dan Fungsinya untuk Pemetaan Perlu diPerhatikan

4. Penentuan Biaya Transportasi

Manfaat dari ilmu SIG dalam bidang transportasi adalah untuk menentukan biaya transportasi. Hal ini dilakukan dengan pengumpulan data daerah  kemudian juga penyesuaian basis data menggunakan Network analisis menjadi network dataset untuk kemudian dari data ini dapat ditentukan jarak tempuh dan biaya transportasi. 

Kesimpulan

Jadi ada banyak manfaat dari SIG untuk bidang transportasi. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dan efisiensi untuk mengembangkan bidang transportasi. Sehingga untuk pemerintah maupun swasta bisa memanfaatkan ilmu SIG ini untuk pengembangan di bidang transportasi menjadi lebih mudah. 

Sekain itu sistem informasi geografis juga memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, salah satunya bidang kesehatan yang bisa Anda baca pada ulasan 5 Contoh Pemanfaatan SIG di Bidang Kesehatan yang Dapat Diaplikasikan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments