Kebutuhan akan data spasial yang semakin tinggi menuntut adanya pengambangan yang memudahkan transfer data spasial. Hal tersebut didukung dengan perkembangan teknologi sehingga komunikasi baik satu arah maupun dua arah menjadi lebih mudah. Salah satu luaran yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun sistem informasi berbasis web. Pada kasus kewilayah yang membutuhkan aspek spasial, penyampaian dengan peta merupakan cara yang efektif. Oleh karenanya penggunaan WebGIS adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan.
Sistem yang digunakan dalam pembangunan WebGIS memungkinkan untuk terjadinya sharing data. Hal itu memudahkan akses pengguna web untuk mendapatkan informasi, tidak terhalang waktu dan tempat.

Gambar.1. Skema Sistem WebGIS

          Pemaparan informasi secara spasial memiliki kelebihan yaitu dalam merepresentasikannya secara keruangan sehingga distribusi maupun trend dari suatu masalah keruangan dapat disampaikan dengan lebih mudah. Analisa pengukuran dan pemantauan juga dapat dilakukan dengan WebGIS.  Adapun kelebihan penggunaan WebGIS adalah dapat diakses dari manapun, baik sebagai admin atau sebagai user selama tersedia jaringan internet. Pembaharuan data juga dapat dilakukan dengan mudah, sehingga informasi yang diberikan aktual. Berlatar belakang dari beberapa hal di atas, pembangunan WebGIS diharapkan dapat membantu memberikan solusi dalam penyempurnaan sistem yang telah dibangun.

*(untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan WebGIS silahkan hubungi kami)