pelatihan gis dasar yogyakarta

pelatihan gis dasar yogyakarta

Jadwal Pelatihan GIS Dasar Yogyakarta Tahun 2018 – Pelatihan GIS tingkat dasar yang dilaksanakan di Yogyakarta ini merupakan program diklat GIS yang diadakan oleh TechnoGIS Indonesia setiap tahunnya. program pelatihan ini dikhususkan untuk para profesional dari perusahaan atau untuk instansi-instansi pemerintah daerah maupun pusat. setiap tahunnya TechnoGIS Indonesia telah meluluskan alumni pelatihan lebih dari 100 peserta dari profesional setiap tahunnya. pelatihan GIS dan Diklat GIS 2018 kali ini tetap mempertahankan lokasi di Jogjakarta. program pelatihan gis tingkat dasar ini diperuntukan untuk orang yang baru ingin mempelajari dasar-dasar pemetaan dan bagaimana cara mengoperasikan software-software GIS.

GIS atau SIG ( Sistem Informasi Geografis ) dapat dijelaskan sebagai sebuah sistem integrasi seperangkat komputer, perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ) yang bertujuan untuk mengolah data-data permukaan bumi atau data spasial menjadi sebuah model, analisis, peta, statistik dalam tematik-tematik tertentu sehingga dapat digunakan oleh user sebagai acuan , perencanaan, informasi dibidang tertentu. aktivitas GIS akan selalu memanfaatkan informasi data permukaan bumi yang tidak terlepas  koordinat ( posisi absulut ) suatu kenampakan atau obyek yang dikaji.

pelatihan qgis technogis 4

Suasana Pelatihan GIS TechnoGIS Indonesia

Perkembagan GIS sudah sangat pesat dimana perkembangan dari berbagai sisi baik dari hardware, software, bahkan integrasi dengan ilmu dan teknologi dibidang lain. perkembangan dari sisi hardware telah banyak sekali perkembangan dimana peralatan pendukung aktivitas pemetaan gis sudah sangat maju mulai dari gps yang sudah bisa multi media dan high sensitif, peralatan super komputer, bahkan alat-alat survey terestris seperti total station telah mengalami banyak perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi dan mempermudah aktifitas pemetaan. disisi softwaer perkembangan gis sangat terasa dari software-software gis telah berlomba-lomba untuk menambahkan fitur baru, salah satunya teknologi cloud yang sangat berkembang dan mulai menjadi sasaran semua vendor software gis. di era teknologi seperti sekarang ini mulai berkembang juga teknologi drone yang mampu mengambil data permukaan bumi lebih baru dan lebih murah daripada satelit menjadi perkembangan gis mulai berwarna dan memasyarakat.

Pemanfaatan GIS dikehidupan sehari-hari banyak dibidang pemetaan, survey, dan mulai berkembang di era digital adalah webgis. pemetaan yang sering dilakukan adalah untuk pemetaan tutupan lahan, pemetaan lahan pertanian, pemetaan bidang perkotaan, pemetaan bidang kelautan, untuk beberapa bidang terbaru dan mulai populer adalah pemanfaatan gis untuk bidang kesehatan, pemanfaatan gis untuk aplikasi mobile maupun web. perkembangan pemanfaatan gis akan ikut berkembang selarang dengan perkembangan teknologi yang ada. seperti konsep dari gis itu sendiri yang tidak terlepas dari teknologi baik hardware maupun software.

Suasana Praktik Lapangan Pelatihan GIS

Suasana Praktik Lapangan Pelatihan GIS

Software-software yang digunakan untuk pengolahan gis ada berbagai jenis, mulai dari software opensource maupun close source atau berbayar. Software pengolahan data GIS yang paling populer adalah Arc**S dimana hampir separuh lebih orang yang berkelut didunia gis pasti mengenal software tersebut dan ini termasuk software berbayar atau closesource. selain itu software berbayar lainnya adalah global mapper, mapinfo, SuperMap gis, dan masih banyak lainnya. sedangkan untuk software opensource atau gratis yang paling populer adalah Quantum GIS atau sering disingkat QGIS ini merupakan opensource gis yang paling populer, gVGIS, SAGA GIS, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam pelatihan GIS Tingkat Dasar TechnoGIS Indonesia berfokus pada materi :

  • Pengenalan dan konsep GIS
  • Pengenalan jenis-jenis data spasial
  • Pembuatan data spasial
  • Digitasi Peta
  • Simbologi data
  • Query data
  • Spasial analisis
  • Layouting
  • Pengenalan GPS
  • Pengolahan data GPS

Fasilitas pelatihan GIS

  • Modul Pelatihan
  • Booknote
  • Seminar Kit
  • Sertifikat
  • Sarapan dan Makan Siang
  • Coffe break
  • Hotel
  • Peralatan praktik lapangan
  • Penjemputan dibandara*

*Penjemputan bandara apabila peserta min 10 orang dari instansi yang sama

Jadwal  Pelatihan GIS Dasar Tahun 2018

  

JANUARI

Tanggal 1-4
Tanggal 8-11
Tanggal 15-18
Tanggal 22-25
Tanggal 29 Januari-1 Februari
  

FEBRUARI

Tanggal 5-8
Tanggal 12-15
Tanggal 19-22
Tanggal 26 Februari-1 Maret
  

MARET

Tanggal 5-8
Tanggal 12-15
Tanggal 19-22
Tanggal 26-29
 APRIL Tanggal 2-5
Tanggal 9-12
Tanggal 16-19
Tanggal 23-26
  

MEI

Tanggal 30 April -3 Mei
Tanggal 7-10
Tanggal 14-17
Tanggal 21-24
Tanggal 28 -31
  

JUNI

Tanggal 4-7
Tanggal 11-14
Tanggal 18-21
Tanggal 25-28
  

JULI

Tanggal 2-5
Tanggal 9-12
Tanggal 16-19
Tanggal 23-26
Tanggal 30 Juli-2 Agustus
  

AGUSTUS

Tanggal 6-9
Tanggal 13-16
Tanggal 20-23
Tanggal 28-30
  

SEPTEMBER

Tanggal 3-6
Tanggal 10-13
Tanggal 17-20
Tanggal 24-27
  

OKTOBER

Tanggal 1-4
Tanggal 8-11
Tanggal 15-18
Tanggal 22-25
Tanggal 29 Oktober-1 November
  

NOVEMBER

Tanggal 5-8
Tanggal 12-15
Tanggal 19-22
Tanggal 26-29
  

DESEMBER

Tanggal 3-6
Tanggal 10-13
Tanggal 17-20
Tanggal 24-27

 

Biaya pelatihan

Untuk biaya pelatihan silahkan hubungi marketing kami. dan dapatkan diskon menarik

Pendaftaran Pelatihan

Untuk pendaftaran Diklat Pelatihan GIS Dasar silahkan request form pendaftaran ke email atau kontak kami disini.
Fiksasi diklat pelatihan GIS dari dinas atau perusahaan swasta dengan menyertakan Surat Perintah Tugas dan Pengiriman tiket pesawat. Pembayaran dapat dilakukan di kantor TechnoGIS Indonesia atau ditempat pelatihan berlangsung

Mereka yang pernah pelatihan GIS di TechnoGIS Indonesia Tahun 2017

Pada tahun 2017 TechnoGIS Indonesia telah melaksanakan diklat pelatihan GIS Tingkat dasar hampir setiap bulannya. peserta berasal dari Instansi Daerah maupun pusat seperti DKP Riau, Dinas Lingkungan Hidup, PU, Dan masih banyak lagi, sedangkan untuk perusahaan swasta seperti PT Timah, PT RAPP ( April Group ), Asian Agri, PT Surveyor Indonesia dan masih banyak lagi. Peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dari Sumatera Utara hingga Papua. Berikut bebera galeri agenda pelatihan GIS tahun 2017.

32 replies
    • Pamungkas
      Pamungkas says:

      bisa pak, untuk gis bidang kelautan bisa untuk kesesuaian lahan pesisir, pemetaan batas wilayah laut, batimetri, tp sepertinya masuk gis advanced pak .
      Terima kasih

      Reply
    • Pamungkas
      Pamungkas says:

      bisa pak, untuk pelatihan gis hingga webgis berarti pak.
      sudah kami kirimkan penawaran ke email, silahkan di cek
      terima kasih

      Reply
  1. Bagas Romadhona
    Bagas Romadhona says:

    Sya mahasiswa dri semarang pak, ada ngga ya pak pelatihan gis untuk mahasiswa yg tidak penuh? Dan harganya berapa ya pak, bsa tlng sms ke sya 085742984442. Terimakasih pak

    Reply
  2. Sinta Anjani
    Sinta Anjani says:

    Mbak, bisa di emailkan penawaran untuk gis dasar , saya dari divisi hrd prusahaan perkebunan sedang mencari vendor untuk pelatihn gis.
    trims

    Reply
  3. Arie apriadi
    Arie apriadi says:

    Pak saya mau tanya pelatihan GIs untuk penataaan batas wilayah di bulan fabruari ada gak ya tahun 2018 dan brapa biaya nya

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *